search

Loading

Sabtu, 14 Januari 2012


Kanker payudara adalah suatu penyakit neoplasma ganas pada jaringan payudara yang umumnya diderita oleh kaum perempuan, namun pria juga dapat mengalaminya walaunpun kemungkinannya sangat kecil.
II.2 Prevalensi/insiden
Di Indonesia kanker payudara menduduki tempat nomor dua dari insidens semua tipe kanker yang ada di Indonesia, baik menurut penyelidikan Bagian Patologi Universitas Indonesia maupun registrasi yang terbaru “Proyek Penelitian Registrasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Juli 1975- Maret 1978”v dan ditemukan 2606 kasus kanker. Kanker serviks uteri (633 kasus) yang terbanyak, kanker payudara (385 kasus) sebagai nomor dua terbanyak, dan kanker nasofarinks nomor 3 yaitu 283 kasus. Umur penderita kanker payudara yang termuda adalah antara 20-29 tahun, yang tertua 80-89 tahun, terbanyak berumur 40-49 tahun, yakni 130 kasus. Kita mempunyai data tentang kematian tiap tahun yang disebabkan oleh kanker payudara.
Akhir-akhir ini orang melihat secara epidemiologik tendensi penyakit ini familial, artinya seorang wanita dengan ibu penderita kanker payudara mempunyai kemungkinan lebih banyak mendapatkan kanker payudara daripada wanita-wanita dari ibu yang tidak mempunyai penyakit tersebut. Juga wanita-wanita yang infertil lebih tinggi kemungkinan mendapatkan kanker payudara daripada wanita yang fertil. Ini dapat dimengerti, menurut beberapa penyelidik, karena waktu hamil tidak ada ovulasi. Penekanan ovulasi inilah yang dianggap mempunyai hubungan dengan rendahnya kanker payudara.
kankerpayudara.docx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar